Tips Cara Buat Taman yang Indah dan Nyaman di Rumah

Bisa memiliki rumah dengan taman yang indah adalah merupakan keinginan setiap orang. Walaupun kamu hanya memiliki sedikit ruang, kamu tetap bisa menghijaukannya area tersebut untuk menjadi taman kecil.

Banyak hal yang mesti kamu ketahui sebelum merombaknya sendiri, karena kamu bisa menyiasatinya dengan benar agar dapat memanfaatkan area tersebut.

Rumah juga dinilai sebagai tempat yang memiliki entitas yang dapat mengikat pesona dengan seluruh penghuninya, kalau rumah nyaman pasti pemiliknya juga senang.

Oleh karena itu, banyak orang yang bermimpi untuk memiliki rumah yang nyaman ditinggali dan salah satu caranya adalah dengan menghadirkan ruang hijau di dalam rumah itu sendiri.

Ruang hijau dalam hal ini adalah taman kecil yang berfungsi sebagai penangkal polusi udara dan juga penyuplai udara bersih ke seisi rumah disamping fungsi lain yaitu tentang faktor estetika.

Cara Membuat Taman Indah dan Nyaman di Rumah

Untuk kamu yang berniat untuk membangun taman kecil di dalam rumah, maka saat ini kamu berada di tempat yang tepat karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat taman indah yang nyaman untuk di rumah dan berikut adalah caranya.

1. Menentukan desain dan rincian biaya

Hal penting pertama yang perlu dilakukan dalam membuat taman kecil di rumah adalah dengan menentukan desain taman seperti apa yang cocok untuk diaplikasikan di rumahmu.

Dalam menentukan desain ini ada beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan dan salah satunya adalah ketersedian lahan yang kamu miliki.

Besar dan kecilnya ukuran taman tidak akan berpengaruh selama kamu memilih desain taman yang tepat untuk rumahmu.

Selain itu hal penting yang harus jadi perhatian juga adalah tentang rincian biaya, karena jangan sampai proyek pembuatan taman ini justru membuat kantongmu jebol.

 

2. Pilih lokasi membuat taman

Setelah memilih desain taman yang cocok untuk diaplikasikan rumah langkah selanjutnya adalah memilih lokasi terbaik untuk meletakan taman tersebut di rumahmu.

Beberapa desain taman yang sudah dibahas di atas cukup fleksibel untuk diaplikasikan dimanapun yang tentunya disesuaikan dengan lokasi yang tersedia di rumahmu.

Namun meski fleksibel ada satu hal yang penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi taman yaitu adalah tentang sinar matahari, usahakan lokasi taman yang kamu pilih mendapatkan cukup sinar matahari agar taman menjadi segar dan tidak layu.

3. Menentukan jenis tanaman

Setelah kamu menentukan desain dan lokasi yang cocok untuk taman  di rumahmu maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di sana.

Untuk menentukan jenis tanaman tidak cukup bermodal bagus dan enak dipandang karena kamu tentu juga harus memikirkan tentang perawatan kedepannya.

Jangan sampai kamu memilih tanaman yang membutuhkan perawatan yang prima sedangkan kamu tidak memiliki banyak waktu untuk hal tersebut karena hal tersebut hanya akan membuat taman rusak.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memilih tanaman yang cocok ditanam di tamanmu dengan tentu saja perawatan yang tidak merepotkan kamu.

4. Memilih ornamen tambahan

Agar tidak terkesan monoton kamu bisa menambahkan beberapa ornamen tambahan untuk tanaman seperti lampion, gentong dan lain-lain yang tentunya akan menambah. nilai estetik dari taman

Selain ornamen penghias kamu juga bisa menambahkan ornamen yang memiliki fungsi seperti paving block yang dapat digunakan sebagai pijakan diantara taman.

5. Melakukan perawatan

Hal terakhir yang penting dalam  proses membuat taman adalah pemahaman bahwa tanaman yang kamu tanam di tamanmu akan rusak jika tidak dirawat.

Maka dari itu penting untuk kamu memikirkan hal ini sebelum memulai membangun taman di dalam rumah karena secantik apapun taman yang kamu miliki akan percuma jika daun dan bunga yang ada disana rontok dan layu.

Demikianlah artikel yang membahas cara membuat taman ini semoga artikel ini dapat memberi inspirasi bagi kamu untuk membuat tanaman impian di rumahmu.