7 Pilihan Rumput Untuk Taman Hias di Rumah

Mempunyai taman di sebuah rumah idaman pasti menjadi impian bagi sebagian orang besar. Sebab taman merupakan salah satu ikon yang cukup penting untuk menambah kesan estetika dari sebuah rumah.

Selain itu dengan ada nya taman kamu juga bisa untuk memberi kesan yang sejuk, asri, dan juga dapat menjadi tempat yang baik untuk berkumpul keluarga tanpa harus keluar rumah.

Setiap unsur tanaman untuk taman yang kamu impikan memiliki fungsi dan kegunaan nya masing – masing.

Contoh seperti, pohon yang menjulang tinggi fungsinya untuk penghijauan dan menjadi tempat teduh untuk taman, tanaman hias untuk penghijauan, keasrian, dan menambah nilai estetika dari sebuah taman.

Nah, untuk membangun taman impian, kamu harus juga memikirkan unsur rumput. Sebab rumput menjadi salah satu unsur yang cukup penting untuk sebuah taman impian kamu.

Dengan ada nya rumput selain untuk memberi kesan estetika, rumput juga bisa menjadi penyegar mata, melakukan aktivitas bersama keluarga menjadi lebih seru, dan juga untuk menambah penghijauan dari sebuah taman.

Merawat rumput pun cara nya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan kamu hanya perlu menyiram, dan memangkas nya saja secara berkala agar rumput tampak lebih enak untuk dipandang oleh kasat mata.

Jenis Rumput Taman yang Perlu kamu Ketahui

Nah, sebelum kamu menanamkan rumput pada taman impian kamu, kamu harus memikirkan jenis rumput apa yang cocok untuk ditanamkan di taman impian kamu.

Ada beberapa jenis rumput yang mungkin cocok untuk taman impian kamu berikut adalah jenis rumput taman impian kamu, mari simak artikel ini hingga akhir.

1. Rumput manila

Jenis rumput yang pertama adalah rumput manila, rumput ini merupakan salah satu rumput yang berkualitas tinggi dan harga nya juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan rumput rumput lainnya.

Rumput manila ini memiliki elastisitas yang tinggi dan yang unik dari rumput ini tahan pada injakan kaki. Maka dari itu rumput ini sering kali dan sangat cocok untuk lapangan sepak bola.

Namun, rumput ini untuk perawatan nya bisa dibilang yang ekstra, kamu yang ingin menanam rumput manila harus melakukan pemupukan secara rutin, menyirami nya secara teratur, dan memangkas nya secara rutin.

2. Rumput jepang

Rumput yang berikut nya adalah rumput jepang, walaupun tanaman ini bernama rumput jepang namun konon katanya rumput ini tidak berasal dari negeri sakura. Rumput ini berbentuk ramping, runcing sehingga rumput ini terasa menusuk ketika di duduki.

Jenis rumput ini tumbuh dengan rapat sehingga rumput ini bisa menjadi rumput primadona diantara rumput hias lainnya.

Selain itu rumput jepang ini juga perawatan nya tidak terlalu ribet tidak seperti rumput manila. Untuk pemangkasan pun rumput jepang tidak perlu terlalu sering karena, rumput ini memiliki pertumbuhan yang lambat.

3. Rumput Peking

Nah, rumput yang berikut ini adalah rumput peking. Rumput peking ini bentuk nya mirip – mirip dengan rumput jepang, memiliki bentuk kurus runcing dan tajam. Namun rumput ini tumbuh tidak rapat seperti rumput jepang.

Untuk perawatan nya pun termasuk cukup mudah hampir sama dengan rumput jepang. Tidak perlu memangkas nya terlalu sering. Kamu hanya perlu memangkas nya dua bulan sekali, kamu bisa memberi pupuk agar rumput tidak kering.

4. Rumput Gajah besar

Berikutnya yang harus kamu ketahui adalah rumput gajah besar. Rumput gajah besar ini biasanya akan tumbuh di tanah yang basah, dan membutuhkan sinar matahari yang cukup agar rumput ini bisa tumbuh subur.

Rumput gajah ini memiliki ukuran yang paling besar dari pada rumput gajah lain nya yang ada.

Untuk perawatan nya pun rumput ini bisa terbilang cukup mudah kamu tidak perlu memotong nya terlalu sering sebab rumput ini tumbuh secara lambat. Untuk harga nya pun sangat terjangkau.

5. Rumput Gajah Mini

Untuk rumput yang satu ini masih dari keluarga rumput gajah yaitu rumput gajah mini. Rumput gajah mini sesuai dengan nama nya dia memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada rumput gajah besar.

Jenis rumput gajah ini tumbuh tidak terlalu cepat sehingga kamu tidak perlu terlalu sering untuk memangkas nya. Rumput ini juga memiliki pola tumbuh merayap ke samping.

Selain itu rumput gajah mini dapat bertumbuh dengan sinar matahari 50%, tidak terlalu banyak memerlukan pupuk, dan tahan pada injakan kaki seperti layaknya rumput manila.

6. Rumput Gajah Mini Varigata

Rumput gajah jenis yang satu ini dianggap sebagai rumput gajah yang paling unik dan cantik di antara rumput gajah lain nya.

Sebab, rumput ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan rumput gajah mini, namun bedanya rumput gajah mini varigata memiliki corak garis putih yang membuat rumput ini menjadi unik.

7. Rumput Golf

Terakhir, rumput yang satu ini biasanya rumput yang suka melapisi tanah dari lapangan golf yaitu rumput babat. Rumput ini memiliki bentuk yang tipis, pendek sehingga akan sangat cocok sekali untuk melapisi tanah lapangan golf.

Untuk perawatan rumput ini juga bisa terbilang cukup rumit jika dibandingkan dengan rumput lain nya. Sebab, Rumput ini membutuhkan sinar pencahayaan matahari 100% agar rumput ini bisa tumbuh dengan subur, dan merata.

Selain itu rumput babat ini juga bertumbuh dengan sangat cepat sehingga kamu akan sering untuk memangkas rumput ini.

Jadi itu beberapa jenis rumput yang harus kamu ketahui, yang mungkin cocok untuk melapisi atau menghiasi taman kalian.